Saturday 28 June 2014

PROPOSAL USAHA "SINGKONG ISI PISANG"



PROPOSAL USAHA "SINGKONG ISI PISANG"

             I.     LATAR BELAKANG
Dalam suatu pemasaran banyak sekali bentuk dan macam-macam aneka ragam makanan dari yang kecil hingga yang besar dan dari yang murah hingga sampai yang mahal.Bisanya mereka lebih memilih untuk membeli makanan dari pada harus membuat makanan sendiri dirumah alasanya karena pertimbangan waktu dan tenaga.satu hal lagi yang penting adalah pemiliahan bahan baku yang cukup mudah di cari.maka dari pemikiran inilah saya mempunyai ide dalam usaha pembuatan “Singkong isi Pisang”
Dengan pembuatan “Singkong Isi Pisang”  yang dilakukan dengan cara yang sangat sederhana, serta bahan baku yang cukup mudah di kota lumajang dan mungkin sedikit memanfaatkan sumber daya alam yang ada tetapi lebih higienis, serta akan dijual dengan harga yang sangat terjangkau, maka tentunya hal ini akan menarik minat masyarakat untuk membelinya.
Keberadaan “Singkong Isi pisang “ sebagai salah satu makanan dengan rasa yang enak, nikmat, dan juga lezat memang telah dikenal dari masa kemasa, sehingga usaha ini memang layak dikembangkan menjadi salah satu usaha kuliner alternatif di Indonesia khususnya kota Lumajang
Dengan hal tersebut, maka saya ingin membuat usaha makanan, yaitu usaha makanan "Singkong Isi Pisang" untuk dikembangkan menjadi usaha besar agar masyarakat tidak akan pernah lupa dengan masakan khas Indonesia tersebut.

          II.     VISI
Ekspansi keseluruh wilayah Indonesia, dengan tetap menjaga mutu/kualitas restoran (produk, pelayanan/service dan interior restoran) dan menjadi perusahaan yang tetap berkembang nantinya .serta membuka   cabang warung “Pisang isi Singkong” di berbagai kota dan daerah di lumajang.

     


 III.     MISI
       1.  Mengangkat produk makanan tradisional / asli Indonesia, dengan cita rasa asia    
2.  Memproduksi kue dan di distribusikan di daerah lumajang
3.  Memperaoleh penghasilan yang maksimal
4.  Mengembagkan jiwa kewirausahaan
5.  Membantu pemerintah dalam meyediakan lapangan pekerjaan

      IV.     ANALISA PELUANG USAHA
1.    Bahan -  bahan
a)         400 gram singkong ,parut
b)         300 gram  kelapa muda parut
c)         1/5 sendok teh garam
d)        20 pisang tanduk
e)         1/5 sendok  teh  pasta pandan

2.    Cara pembuatan
a)  Campur singkong, kelapa dan garam. Aduk rata.
b)  Campuran diisi loyang segitiga. Beri pisang. Tutup lagi dengan adonan singkong.
c) Campuran yang separuh diberi pasta pandan. Isi di loyang segitiga. Beri irisan pisang,tutup adonan hijau.
d)  Kukus sampai matang.
e)   Iris-iris. Sajikan dengan kelapa muda parut.

3.    Peralatan
a)   Sendok
b)   Loyang
c)   Panci
d)   Parutan
e)   Pisau


         V.     MERKETING MIX
Usaha “Singkong Isi pisang” ini  akan saya dirikan ditempat yang sangat strategis yaitu di tempat keramaian .Disini saya akan mengguanakan Gerobak untuk memasarkanya di kalangan masyarakat dan mungkin jika suatu saat usaha saya berhasil dan berkembang saya akanmbuka usaha pemesanan.
Produk yang saya Hasilkan memiliki cita rasa yang unik dengan perpaduan rasa pisang dan singkong yang sangat populer dikalangan masyarakat.rasanya sangat enak dan memBuat anda tidak bosan untuk menikatinya
Produk saya ini memiliki penampilan yang bisa di bilang cukup menarik .dengan warna hijau berasal dari pasta pandan dan kuning dari buah pisang.karena dalam hal ini penampIlan produk juga sangat di perlkan agar konsumen tertarik
Harganya sangat terjangkau, kita telah menyesukan dengan daya beli mastyrakat di daerah lumajang khususnya.

      VI.     PERHITUNGAN MODAL DAN HARGA JUAL
  1.    Pembelian bahan bahan
b)         300 gram singkong                              Rp. 15.000
c)         Kelapa muda 3 buah                           Rp. 18.000
d)        Pisang tanduk                                      Rp. 51.000
e)         Pasta panda                                         Rp.   5.000
f)          Garam                                                 Rp.   1.000
Rp.90.000
1.      Harga Pokok pembelian

Total  Biaya  Bahan                = 90.000         

2.      Harga Pokok penjualan
Harga pokok penjualan = HPP + LABA
             = 3000 + 1000
  =RP .4.000   
                       

  VII.     PERHITUNGAN LABA RUGI

Jumlah laba = Laba X barang yang di hasilkan
                          = Rp.1000 x 30
= Rp.30.000
VIII.     Analisa keuntungan
%laba =     Laba  X 100%
Biaya
=Rp. 30.000    X 100%
   Rp.90.000   
=3%


      IX.     KESIMPULAN
Harapan saya mengenai proposal yang saya buat ini saya bias mengetahui berapa saya bahan bahan yang harus saya beli dan bias membantu saya dalam mengetahui berapa biaya yang harus saya keluarkan.proposal ini juhga membantu saya dalam proses pendistribusian barang yang dan bagaimana saya nantinya dalam menjalankan usaha ini                                          

1 comment: