Online
Definisi Online
Secara umum, sesuatu dikatakan online adalah
bila ia terkoneksi/terhubung dalam suatu jaringan ataupun sistem yang lebih
besar. Beberapa arti kata online lainnya yang lebih spesifik
yaitu :
- Dalam percakapan umum, jaringan/network yang lebih besar dalam konteks ini biasanya lebih mengarah pada internet, sehingga ‘online‘ lebih pada menjelaskan status bahwa ia dapat diakses melalui internet.
- Secara lebih spesifik dalam sebuah sistem yang terkait pada ukuran dalam satu aktivitas tertentu, sebuah elemen dari sistem tersebut dikatakan online jika elemen tersebut beroperasional. Sebagai contoh, Sebuah instalasi pembangkit listrik dikatakan online jika ia dapat menyediakan listrik pada jaringan elektrik.
- Dalam telekomunikasi, Istilah online memiliki arti lain yang lebih spesifik. Suatu alat diasosiasikan dalam sebuah sistem yang lebih besar dikatakan online bila berada dalam kontrol langsung dari sistem tersebut. Dalam arti jika ia tersedia saat akan digunakan oleh sistem (on-demand), tanpa membutuhkan intervensi manusia, namun tidak bisa beroperasi secara mandiri di luar dari sistem tersebut.
Dengan Internet kita dapat menerima dan mengakses
informasi dalam berbagai format dari seluruh penjuru dunia. Kehadiran internet
juga dapat memberikan kemudahan dalam dunia pendidikan, hal ini terlihat dengan
begitu banyaknya situs web yang menyediakan media pembelajaran yang
semakin interaktif serta mudah untuk dipelajari.
2 DIMENSI DAN 3 DIMENSI
Pengertian video Editing menurut saya adalah
Penyuntingan suatu adegan dengan video atau kamera yang kemudian di beri editan
seperti pemotongan adegan , penambahan potongan – potongan video (menyisipkan
sesuai transisi), pengaturan cahaya,
dengan sebuah software agar tampak lebih menarik dan pantas untuk di
publishkan.
Dalam Proses Editing banyak yang harus kita
pelajari seperti continuity, komposisi, sound, camera angle, cameraworks, jenis
shoot, motivasi, informasi dll. Dengan begitu kita dapat mengedit video yang
kita buat menjadi terlihat sempurna.
·
CONTINUITY : Dalam satu video pertama, dengan
video kedua terdapat kesinambungan, dan fungsi dari continuity adalah
membersihkan apabila terjadi jumping.
· KOMPOSISI : Apabila kita mengerti mengenai
komposisi, maka kita akan menghasilkan gambar yang bagus. Yaitu memenuhi
standar cameraworks.
·
SOUND : Macam – macam sound ada Original
Sound, Athmosfer, Sound Effect, Music Illustrasition.
·
MOTIVASI : penambahan bentuk gambar dan sound
untuk menambah kemenarikan pada awal video.
·
INFORMASI : Pengertian informasi pada editing
sebenarnya mengacu pada arti pengertian sebuah gambar.
·
TITTLING : Semua huruf yang digunakan untuk
menambah informasi dalam bentuk gambar. Misalnya : judul utama, nama pemeran,
dan tim kreatif.
Animasi adalah
suatu rangkaian gambar diam secara
inbeethwin dengan jumlah yang banyak, bila kita proyeksikan akan terlihat
seolah – olah hidup (bergerak), seperti yang pernah kita lihat film – film
kartun di tevisi maupun dilayar lebar jadi Animasi kita simpulkan menghidupkan
benda diam diproyeksikan menjadi bergerak. 3 Penggunaan animasi pada komputer
telah dimulai dengan ditemukannya software
komputer yang dapat dipergunakan untuk melakukan ilustrasi di komputer, membuat
perubahan gambar satu ke gambar berikutnya sehingga terbentuk suatu bentuk gerakan
tertentu.
Animasi komputer adalah seni menghasilkan gambar bergerak
melalui penggunaan komputer dan merupakan sebagian bidang komputer grafik dan
animasi. Animasi semakin banyak dihasilkan melalui grafik komputer 3D, walaupun
grafik komputer 2D masih banyak ada. Kadangkala sasaran animasi adalah komputer
itu sendiri, kadangkala sasaran adalah antara lain, seperti filem. Untuk
menghasilkan gambar pergerakan, image
(gambar) dipaparkan pada screen komputer dan diganti dengan image (gambar) baru
yang selaras gambar sebelumnya dengan pantas. Teknik ini serupa dengan
bagaimana gambar bergerak dihasilkan melalui televi dan film. Animasi komputer
3D pada asasnya merupakan pengganti digit bagi seni animasi gerak (stop motion); patung animasi dibina pada screen komputer
dan dipasang dengan rangka siber. Kemudian anggota badan, mata, mulut, pakaian,
dan lain-lain bagi patung 3D digerakkan oleh juru animasi. Akhirnya, animasi
dihasilkan.
Jenis animasi yang
banyak dikenal adalah animasi 2D dan 3D. Perbedaan
dari animasi 2D dan 3D adalah dilihat dari sudut pandangnya. Animasi
2D menggunakan koordinat x dan y, sedangkan animasi 3D menggunakan koordinat x,
y dan z yang memungkinkan kita dapat melihat sudut pandang objek secara lebih
nyata.
The 3D animasi
adalah hari bermata presentasi grafis yang dicapai melalui perangkat lunak
komputer dan digital generator. Ini grafis alat modern sekarang norma dalam
gerakan gambar, video presentasi format, film-film animasi, iklan komersial,
dan virtual berjalan melalui web
presentasi dan barang. Kita sekarang menyaksikan grafis 3D animasi dalam
berbagai bentuk yang meliputi presentasi 3D, audio visual ilustrasi, 3D ilmiah
dan medis grafis dan banyak lainnya sehari-hari aplikasi.
Dalam rangka untuk memahami prinsip
yang di belakang grafis 3D dan animasi, penting agar kita tahu dengan jelas
perbedaan dasar dari animasi 2D tradisional. Aplikasi grafis 3D yang memiliki
perwakilan geometris dari variabel yang ada pada komputer dalam melakukan
perhitungan yang akan membuat grafik yang dihasilkan 2D.
Yang diberikan dalam grafis 2D
format yang digunakan untuk virtual dan real time dalam gambar ilustrasi grafis
3D.. Grafis 3D menampilkan gambar ilustrasi di berbagai sudut termasuk menembak
ke udara di dekat sempurna membuat ilustrasi yang hampir nyata dalam setiap
aspek. Fitur ini disebut sebagai gerakan pelacakan, yang menyediakan virtual
keterwakilan yang sebenarnya kamera pelacakan mewakili gerakan yang sebenarnya
kamera gerakan menembak.
Grafis 3D yang berasal dari ide
atau konsep dasar.
Konsep maka perkembangan dengan
rincian yang diperlukan, dan elemen dari desain dan aliran grafis dalam bentuk
storyboards. Tema dan pembangunan karakter terdiri awal pekerjaan yang
dilakukan oleh animators berdasarkan desain dan rencana yang ditetapkan. Persiapan
dari storyboard memungkinkan untuk generasi kunci frame untuk menyelesaikan
aliran gerakan seperti dalam storyboard.
Unsur-unsur atau karakter dalam grafis 3D yang disebut sebagai model 3D. Ini
pada dasarnya file data yang membawa data yang diperlukan untuk membuat gambar
3D. Di pihak lain, proses yang penting dalam penyusunan-grafis 3D melibatkan
menugaskan yang sesuai dengan nilai-nilai variabel yang tepat poin di dalam
gerakan aliran grafis dalam serangkaian frame untuk membuat urutan animasi yang
dikehendaki.
Anda akan memerlukan peta tekstur
untuk memanipulasi pola atau struktur dari model 3D. Ini adalah aplikasi yang
memungkinkan para desainer grafis untuk mengendalikan dan mengubah warna
permukaan tersebar di tingkat paling dasar piksel. Hal ini dicapai oleh
pemetaan tekstur menghasilkan gambar-gambar bitmap 3D model 3D yang ada di
tempat.
Apa saja keterampilan dasar yang
diperlukan dalam grafis 3D dan animasi bekerja? Jika Anda terlibat dalam grafis
3D dan animasi proyek, adalah penting bahwa Anda memiliki kemampuan untuk fokus
pada detil dan memiliki kreativitas dalam membuat desain dan skema karakter.
J karir di grafis 3D dan animasi
yang baik menyenangkan dan menantang. Menawarkan banyak peluang karir dan
kemajuan di bidang ini didasarkan pada bagaimana Anda melakukan sebagai anggota
tim yang lebih besar. Dengan berbagai aplikasi untuk berbagai keprihatinan dan
kepentingan, grafis 3D dan animasi diharapkan menjadi salah satu yang paling
menuntut dan pekerjaan untuk memenuhi berbagai individu dan profesional.
a. Animasi 2D (2 Dimensi)Animasi ini yang paling akrab dengan keseharian kita. Biasa juga disebut dengan film kartun. Kartun sendiri berasal dari kata Cartoon, yang artinya gambar yang lucu. Memang, film kartun itu kebanyakan film yang lucu. Contohnya banyak sekali, baik yang di TV maupun di Bioskop. Misalnya: Looney Tunes, Pink Panther, Tom and Jerry, Scooby Doo, Doraemon, Mulan, Lion King, Brother Bear, Spirit, dan banyak lagi. Meski yang populer kebanyakan film Disney, namun bukan Walt Disney sebagai bapak animasi kartun. Contoh lainnya adalah Felix The Cat, si kucing hitam. Umur si kucing itu sudah lumayan tua, dia diciptakan oleh Otto Messmer pada tahun 1919. Namun sayang, karena distribusi yang kurang baik, jadi kita sukar untuk menemukan film-filmnya. Bandingkan dengan Walt Disney yang sampai sekarang masih ada misalnya Snow White and The Seven Dwarfs (1937) dan Pinocchio (1940).
b. Animasi 3D (3 Dimensi)
Perkembangan teknologi dan komputer membuat teknik pembuatan animasi 3D semakin berkembang dan maju pesat. Animasi 3D adalah pengembangan dari animasi 2D. Dengan animasi 3D, karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mendekati wujud manusia aslinya. Semenjak Toy Story buatan Disney (Pixar Studio), maka berlomba-lombalah studio film dunia memproduksi film sejenis. Bermunculanlah, Bugs Life, AntZ, Dinosaurs, Final Fantasy, Toy Story 2, Monster Inc., hingga Finding Nemo, The Incredible, Shark Tale. Cars, Valian. Kesemuanya itu biasa juga disebut dengan animasi 3D atau CGI (Computer Generated Imagery).
PENGERTIAN JEJARING SOSIAL DAN MACAM-MACAM JEJARING
SOSIAL
Pengertian Jejaring Sosial dan
Macam-macam Jejaring Sosial. Pengertian Jejaring sosial secara teori yaitu
suatu struktur sosial yang terdiri dari satu set aktor sosial misalnya individu
atau organisasi tertentu, dan satu set hubungan dyadic antara aktor-aktor
tersebut.
Dan jejaring sosial biasanya
juga mengacu pada interaksi antara orang-orang di mana mereka membuat, berbagi,
dan / atau pertukaran informasi dan ide-ide dalam komunitas virtual dan
jaringan.
Pengertian Jejaring Sosial dan
Macam-macam Jejaring Sosial – Perkembangan sosial Media
Dewasa ini perkembangan sosial
media sangatlah pesat. Dan penggunaan sosial media telah semakin luas dengan
intensitas yang tinggi diantara pemakainya. Semakin banyak pengguna internet
yang mengakses berbagai jejaring sosial dengan menggunakan berbagai platform
maupun browser yang berbeda. Banyak manfaat kegunaan, namun juga tak kalah
banyak sisi buruknya.
Teknologi media sosial sekarang
ini memiliki berbagai berbagai bentuk seperti misalnya majalah digital, forum
internet, weblog, blog sosial, microblogging, wiki, jejaring sosial, podcast,
foto atau gambar, video, rating dan bookmark sosial.
Masing –masing memiliki
kelebihannya sendiri seperti blogging, berbagi gambar atau foto, video
blogging, wall-posting, berbagi musik atau lagu, chaatting, bahkan VoIP atau
Voice over IP, dan lain sebagainya.
Macam-macam Jejaring Sosial –
Jenis Media Sosial
Berikut di bawah ini ada
klasifikasi macam-macam jejaring sosial berdasarkan fungsi dan kegunaannya:
1. Konten kolaborasi (contohnya, Wikipedia)
2. Blog dan microblog (contohnya, Twitter)
3. Situs jejaring sosial berita (contohnya, Digg)
4. Konten Video (contohnya, YouTube)
5. Situs jejaringan sosial (contohnya, Facebook)
6. Game dunia maya (contohnya, World of Warcraft)
7. Situs dunia sosial virtual (contohnya, Second Life)
Ikon-ikon Sosial Media
Macam-macam Jejaring Sosial – Situs Jejaring Sosial Terpopuler di Dunia
Dari pengertian jejaring sosial
yang telah dijelaskan sedikit di atas, ada ratusan situs yang merupakan situs
jejaring sosial yang ada di dunia. Berikut ini adalah beberapa situs jejaring
sosial terpopuler di dunia, saat ini.
1. Facebook
Facebook mulai didirikan oleh
Mark Zuckerberg pada tahun 2004. Dan sejak itu pula perkembangan facebook terus
meningkat. Dan hingga saat ini facebook telah menjadi situs jejaring sosial
nomor 1 di dunia.
2. Twitter
Twitter adalah salah satu situs
microblogging yang terbesar saat ini. Di twitter para pengguna memungkinkan
untuk saling mengirim pesan pendek diantara para pengikutnya. Uniknya kolom
pesan yang disediakan twitter ini hanyalah 160 karakter (termasuk 20 karakter
untuk penulisan nama).
3. LinkedIn
LinkedIn adalah sebuah situs
jejaring sosial yang khusus dirancang bagi para profesional. LinkedIn memiliki
anggota lebih dari 35 juta orang yang sebagian besar penggunanya adalah para
eksekutif dari berbagai perusahaan besar dunia. Di situs LinkedIn ini para
anggotadifokuskan pada profil pribadi. Termasuk di dalamnya adalah curriculum
vitae kualifikasi ketrampilan dan pekerjaan para anggota.
4. YouTube
YouTube adalah sebuah situs
jejaring sosial yang sedik berbeda. Di YouTube dikhususkan bagi para anggota
untuk saling berbagi video. Di YouTube para member bisa mengunggah (upload)
berbagai video untuk saling dibagikan, agar bisa ditonton oleh banyak orang.
Youtube, salah satu jejaring
sosial yg sedang populer - gambar : billboard.com
5. Pinterest
Pinterest adalah sebuah jenis
sosial media yang lainnya. Di Pinterest para pengunjung akan disuguhkan koleksi
berbagai foto dan gambar. Di Pinterest ini memang para anggota hanya bisa
berbagi pesan dalam bentuk foto atau gambar saja.
6. Google Plus+
Google Plus+ adalah sebuah situs
jejaring sosial yang bisa dibilang sejenis dengan facebook. Dimana di Google
Plus+ para anggota bisa saling berbagi status, gambar, foto, video, tautan, dan
lain sebagainya. Di dunia situs Google Plus+ ini termasuk salah satu situs
jejaring sosial yang sangat banyak penggunanya.
7. Tumblr
Tumblr merupakan salah satu situs
microblogging yang cukup populer. Tumblr didirikan oleh David Carp dan saat ini
situs ini dimiliki oleh Yahoo!. Di Tumblr para anggota bisa saling berbagi
pesan baik tulisan maupun pesan multimedia lainnya.
8. Instagram
Instagram adalah salah satu situs
jejaring sosial yang sekarang ini sedang naik daun. Instagram memanjakan para
penggunanya dengan kekhususan situs foto. Di Instagram para pengguna dapat
saling berbagi momen foto dengan para sahabat.
9. Flickr
Flickr adalah sebuah situs jejaring
sosial yang mirip dengan instagram. Dimana di Flickr para pengguna bisa saling
berbagi koleksi foto mereka dalam resolusi yang sangat baik. Flickr merupakan
salah satu situs jejaring sosial yang dimiliki oleh Yahoo!
10. MySpace
MySpace adalah salah satu situs
jejaring sosial yang dimiliki oleh perusahaan specific Media LLC bersama dengan
penyanyi popdan aktor terkenal Justin Timberlake. MySpace didirikan pada tahun
2003. Memilki spesifikasi khusus di konten musik, membuat MySpace masih cukup
digemari sampai dengan saat ini.
sumber nya mana ya
ReplyDelete